Minggu, 10 Oktober 2010

LINGKUNGAN PERUSAHAAN


                  
§  Pengertian Lingkungan Perusahaan

     Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya . Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua factor ekstern yang mempengaruhi individu , perusahaan , dan masyarakat . Faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan tersebut adalah luas dan banyak ragamnya , termasuk aspek-aspek ekonomi , politik , sosial , etika-hukum , dan ekologi/fisik , dan sebagainya .
§  Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik

      Perusahaan sangat bergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang ditawarkan , dan sikap masyarakat terhadap perusahaan sangat berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut . Oleh karna itu perusahaan harus menjaga hubungan baik dangan kelompok atau pihak-pihak yang berkepentingan .
     
      Masyarakat pluralistik adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan . Dalam masyarakat pluralistik , terdapat banyak pusat kekuatan , masing-masing mempunyai sifat mandiri . Berbagai kelompok tersebut dapat menyebarkan kekuatan dan mencegah terjadinya pemusatan kekuatan pada satu segmen masyarakat saja . Hubungan-hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling member melalui kompromi , bukannya dengan paksaan . Dalam hal ini , pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi .


§  Kesan Negatif Tentang Perusahaan

     Dari pemberitaan pers yang dapat kita ikuti , banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan , antara lain menyangkut penyelewengan pajak , penyelundupan barang , penyogokan kepada pejabat pemerintah , periklanan yang menipu , kebocoran pabrik yang berbahaya , pembayaran-pembayaran yang tidak ilegal , dan sebagainya . Sudah banyak dari para pelaku kejahatan seperti itu diberikan hukuman . Mengapa hal-hal seperti itu terjadi ? Apakah para pemimpin perusahaan itu berbuat demikian untuk memperkaya diri atau meningkatkan laba perusahaan ?


§  Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif

      Untuk memperbaiki adanya kesan-kesan negatif dari masyarakat terhadap perusahaan , tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif . Saran dari pemerintah dan keluhan dari masyarakat harus diperhatikan . Kegiatan humas yang baik harus dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat , bukannya hanya berpropaganda saja .

                   LINGKUNGAN FISIK ,ENERGI
                          DAN KONSERVASI
     
      Dari masalah-masalah ekonomi dan sosial , salah satu masalah yang sangat sulit diatasi dan memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik .


§  Ekologi

      Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya . Kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun . Hal ini terutama disebabkan oleh kombinasi dari tiga factor :
            
 1 . Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
 2 . Perkembangan teknologi beru
 3 . Semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi

§  Macam-macam Polusi

      Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam dimana kita hidup dan bekerja . Air dan udara yang sebelumnya bersih , sekarang telah tercemar . Masing-masing jenis polusi berikut ini ancaman bagi lingkungan yang sehat .

Ø  Pencemaran Udara
Ø  Pencemaran Air
Ø  Pencemaran Sampah Awet

                                                                                                LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN
                            PERPAJAKAN

§  Alasan-alasan bagi Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah

      Pemerintah membiayai pengeluarannya dari hasil pemungutan pajak . Alasan-alasan bagi Pemerintah untuk menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat . Meningkatnya pengeluaran pemerintah ini merupakan suatu tendensi yang mungkin menyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi , pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat , serta pengeluaran biaya untuk pertahanan negara .

§  Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah

     Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya , maka akan terjadi devisit . Untuk menutup devisit ini dapatlah dilakukan peminjaman kepada bank-bank . Jumlah uang yang dipinjam dengan cara ini disebut utang negara .
     Ada beberapa macam pajak yang dikenakan oleh pemerintah , antara lain :
a . Pajak Tidak Langsung
     Pajak tidak langsung dapat dikenakan atas barang-barang seperti rokok , tembakau , miniman keras dan sebagainya .
Macam pajak lain yang termasuk pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor , cukai , bea masuk , pajak ekspor , dan sebagainya .
b . Pajak Langsung
     Pajak kekayaan adalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayar pajak .
     Secara keseluruhan penerimaan Pemerintah dapat diperoleh dari :
·         penerimaan dalam negri
·         penerimaan pembangunan
·         penerimaan rutin
·         pengeluaran pembangunan


             LINGKUNGAN HUKUM
       Hukum yang ada di Indonesia ini dapat dikelompokkan ke dalam (1) hukum publik dan (2) hukum privat .

§  Hukum Publik
      Hukum publik ini mengatur masala-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum . Pengertian umum disini meliputi :Seseorang , sekelompok orang , masyarakat dan negara . Aturan-aturan hukum yang dapat dimasukkan sebagai hukum publik ini antara lain : hukum tatanegara , hukum tatausaha dan hukum pidana .
§  Hukum Privat
     Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat . Termasuk kedalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang .

                  LINGKUNGAN INTERNASIONAL
       Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia .
§  Perusahaan-perusahaan Multinasional
(Multinational Corparation)
      Perusahaan-perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari Negara-negara Eropa , Amerika dan Jepang . Pasar yang dikuasinya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri .
§  Kegiatan-kegiatan Multinasional

Perusahaan-perusahaan Multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu negara saja , tetapi juga ke negara-negara lain . Kemudin mendirikan perusahaan prakitan/assembling di negara kedua untuk melayani kebutuhannya di samping negara ketiga yang ada di sekitarnya . 



§  Ciri-ciri Perusahaan Multinasional

      PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan /manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya 2 negara .
     Dengan definisi ini maka Perusahaan Multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu .
§  Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional

    Untuk menjual barang keluar negeri atau mengimpor barang dari luar negeri , sering diperlukan adanya lembaga-lembaga perantara . Kegiatan mereka lebih memudahkan pelaksanaan ekspor atau impor tsb . Perantara ini disebut middleman , dibedakan kedalam 4 golongan .

a . Explor and Import Commission House
b . Merchant Exporters and Importers
c . Manufacturer’s Export Agents
d . Export and Import Brokers

§  Perkembangan Impor Dan Ekspor Indonesia

    Setiap tahun sejak 1969 keadaan ekspor Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam nilai dollar . Tetapi mulai periode 1981/1982 keadaan ekspor ini mulai mengalami fluktuasi . Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat digolongkan kedalam 2 kelompok , yakni barng-barang selain migas dan migas (minyak dan gas bumi) .

   Barang-barang yang termasuk dalam kategori bukan minyak dikelompokkan lagi menjadi :
a.       Golongan barang utama , terdiri atas : kayu , karet , timah , minyak kelap sawit , kopi , tembakau , the , dan biji kelapa sawit .
b.      Golongan barang lain , terdiri atas : hewan beserta hasilnya , lada , bungkil kopra , kopra , bahan makanan , barang tambang dll .

   Impor yang dilakukan oleh Indonesia selama ini meliputi 3 macam golongan barang , yakni :
    
a.       Barang konsumsi .
b.      Bahan baku dan penolong .
c.       Barang modal .

  Selain ke-3 golongan barang tersebut Indonesia juga mengimpor minyak dan gas untuk konsumsi di dalam negeri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar